Saturday, 20 December 2014

Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi)

Biologi SMP Kelas 7 – Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi)
 
Setiap makhluk hidup mengeluarkan zat sisa agar tidak membahayakan dan meracuni tubuhnya. Alat ekskresi pada manusia berupa paru-paru, kulit, ginjal, dan anus. Paru-paru mengeluarkan zat sisa berupa karbon dioksida dan uap air. Kulit mengeluarkan zat sisa berupa keringat yang terdiri dari air, urea, dan garam. Ginjal mengeluarkan zat sisa berupa urin yang terdiri dari air, garam, dan urea. Anus merupakan poros sistem pencernaan yang mengeluarkan zat sisa berupa tinja, air, dan garam.

Bagaimana tumbuhan mengeluarkan zat sisa? Pengeluaran zat sisa pernapasan pada tumbuhan dilakukan melalui stomata dan lentisel.
 
Ekskresi adalah proses pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh. Dalam proses oksidasi makanan selain menghasilkan energi, tubuh organisme juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari tubuh. Apabila zat sisa tersebut tidak dikeluarkan akan membahayakan tubuh. Contoh: Manusia mengeluarkan karbondioksida melalui paru–paru, ikan mengeluarkan karbondioksida melalui insang.
 
Oksidasi zat makanan serta pertukaran zat di dalam tubuh makhluk hidup (metabolisme) selain menghasilkan energi juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Kadar zat sisa yang tinggi jika tidak dibuang akan membahayakan tubuh. Contoh paruparu dan insang mengeluarkan CO2 dan uap air, kulit mengeluarkan keringat, dan ginjal mengeluarkan urine. Tumbuhan mengeluarkan zat sisa melalui stomata.
 
paru-paru mengeluarkan zat sisa
Jadi salah satu ciri makhluk hidup adalah mengeluarkan zat sisa (Ekskresi), ketika makhluk hidup tidak bisa lagi mengeluarkan zat sisa maka mkhluk hidup tersebut berada dalam kondisi tidak sehata dan dapat menimbulkan kematian terhadap makhluk hidup tersebut.

Kata Kunci :

kulit mengeluarkan zat sisa berupa,zat sisa yang dikeluarkan pada insekta berupa,yhs-default,proses pengeluaran zat sisa dari dalam tubuh adalah,tuliskan alat-alat ekskresi pada manusia dan tumbuhan serta sebutkan jenis zat yg dikeluar kan,zat karbon dioksida dikeluarkan dengan cara apa,alat ekskresi yaitu mengeluarkan sisa sisa metabolisme berupa urea adalah,sisa metabolisme harus dibuang karena,sisa metabolisme dari mahluk hidup tidak meracuni tubuh karena,sisa metabolisme pada ginjal yang harus d keluarkan

Related Posts to "Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi)"

Response on "Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi)"

Jasa Like Fanpage Facebook Murah