Monday, 28 July 2014

Keanekaragaman Makhluk hidup

Biologi SMP Kelas 7 : Keanekaragaman Makhluk hidup
 
Di permukaan bumi dihuni oleh berjuta-juta makhluk hidup, baik itu di daratan maupun di lautan. Bagaiamana dengan halaman sekolahmu? apakah juga dihuni makhluk hidup? Coba sebutkan makhluk hidup yang ada di halaman sekolahmu! Berapa macamnya? Apakah makhluk hidup yang kamu jumpai itu sama? Coba lihat apakah daun dalam satu jenis pohon sama? Terdapat beberapa macam variasi bentuk daun dalam satu jenis pohon. Variasi-variasi inilah yang menunjukkan bahwa makhluk hidup itu mempunyai keanekaragaman.

Apa yang dimaksud keanekaragaman? Keanekaragaman adalah perbedaan di antara makhluk hidup yang berbeda jenis dan speciesnya. Bagaimana keanekaragaman di dunia terjadi? Keanekaragaman makhluk terjadi karena adanya perbedaan sifat, seperti: ukuran, bentuk, warna, fungsi organ, tempat hidup dan lain–lain. Keanekargaman makhluk hidup sangat penting bagi kelangsungan dan kelestarian makhluk hidup. Suatu kelompok makhluk hidup yang memiliki kelestarian tinggi, terdapat keanekaragaman yang tinggi. Sebaliknya makhluk hidup yang memiliki tingkat kelestarian rendah, terdapat keanekaragaman rendah dan terancam punah. Keanekaragaman makhluk hidup bersifat tidak tetap atau tidak stabil. Hal ini disebabkan oleh campur tangan manusia terhadap lingkungan yang dapat mempengaruhi keanekaragaman. Penurunan keanekaragaman makhluk hidup dapat terjadi secara alami dan campur tangan manusia. Dewasa ini campur tangan manusia berperan besar dalam penurunan keanekaragaman makhluk hidup, baik itu disadari maupun tidak disadari. Beberapa perbuatan manusia yang dapat mengancam atau menurunkan keanekaragaman makhluk hidup antara lain:
  1. Pembabatan hutan alam, untuk jalan raya, pabrik, perumahan dan sebagainya.
  2. Penggunaan pestisida, insektisida dan sejenisnya yang tidak bertanggung jawab.
  3. Pembuangan limbah industri yang sembarangan.
  4. Perburuan hewan yang tidak bertanggung jawabDalam perjalanan waktu ada kelompok makhluk hidup yangmengalami peningkatan keanekaragaman, ada yang tetap, ada pula yang berkurang keanekaragamannya.



Kata Kunci :

keanekaragaman makhluk hidup,keanekaragaman mahluk hidup,pengertian keanekaragaman makhluk hidup,keanekaragaman,maksud keanekaragaman makhluk hidup,makluk hidup dijalan raya,Mahluk hidup yang ada di jalan raya,keanekaragaman makluk hidup,Keanekaragaman makhuk hidup,bagaimna upaya pelestarian ke aneka ragaan mahluk hidup

Related Posts to "Keanekaragaman Makhluk hidup"

Response on "Keanekaragaman Makhluk hidup"

Jasa Like Fanpage Facebook Murah