Saturday, 26 July 2014

Metamorfosis dan Metagenesis

Biologi SMP Kelas 8 : Metamorfosis dan Metagenesis
Proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup tertentu ada yang disertai dengan perubahan bentuk pada tubuhnya.
1. Metamorfosis
Metamorfosis adalah peristiwa perubahan bentuk pada tubuh hewan tertentu selama proses pertumbuhan dan perkembangannya. Proses metamorfosis melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui beberapa tahap pertumbuhan sel dan differensiasi sel. Metamorfosis ini dibagi menjadi dua tipe, yaitu:
a. Metamorfosis sempurna (holometabolisme)
Metamorfosis disebut sempurna apabila hewan mengalami perubahan bentuk secara nyata dengan tahapan-tahapan yang jelas. Kupu-kupu mengalami tahapan yang panjang sebelum menjadi kupu-kupu dewasa. Pertama kali, kupu-kupu akan bertelur. Telur kupu-kupu biasanya diletakkan di dedaunan. Telur kemudian menjadi ulat. Tahap berikutnya ulat akan berubah menjadi kepompong (pupa) dan akhirnya menjadi kupu-kupu dewasa.
b. Metamorfosis tidak sempurna (hemimetabolisme).
Metamorfosis disebut tidak sempurna apabila perubahan tubuh yang terjadi tidak mencolok. Contoh metamorfosis tidak sempurna terjadi pada kepik, jangkrik, dan belalang. Pada hewan-hewan tersebut proses menjadi hewan dewasa melalui perubahan dari bentuk nimfa terlebih dahulu.
Metamorfosis kupu-kupu
Metamorfosis kupu-kupu
2. Metagenesis
Seperti halnya metamorfosis pada hewan, tumbuhan tertentu juga dapat terjadi perbedaan bentuk tubuh selama pertumbuhannya. Peristiwa ini dinamakan metagenesis. Metagenesis adalah terjadinya pergiliran keturunan atau pergantian siklus, yaitu:
a. Siklus seksual (generatif)
Pada siklus seksual dihasilkan gametofit.
b. Siklus aseksual (vegetatif)
Pada siklus aseksual dihasilkan sporofit.
Coba perhatikan bagan metagenesis pada tumbuhan paku berikut ini!
Daur hidup tumbuhan paku
Daur hidup tumbuhan paku
Tumbuhan paku dan tumbuhan lumut mengalami metagenesis. Adapun perbedaan antara tumbuhan lumut dan tumbuhan paku adalah sebagai berikut.
Kelompok Tanaman
Fase Utama (tampak
Tanaman sebagai tumbuhan)
Gametofit
Sporofit
Lumut
Gametofit
Protonema (tanaman)
Monozigot, menumpang
pada gametofit, usia pendek.
Paku
Sporofit
Prothalus (sangat kecil, lembaran)
Heterozigot, berupa
talus (tanaman),
usia panjang.



Kata Kunci :

metagenesis,Metamorfosis Dan metagenesis,metamorfosis adalah,perbedaan metamorfosis dan metagenesis,metagenesis adalah,apa yang dimaksud dengan metagenesis,pengertian metamorfosis dan metagenesis,Pengertian metamorfosis dalam biologi,metamorfosis pada manusia,metamorfosis metagenesis

Related Posts to "Metamorfosis dan Metagenesis"

Response on "Metamorfosis dan Metagenesis"

Jasa Like Fanpage Facebook Murah