Saturday, 23 August 2014

Sel sebagai Unit Terkecil Kehidupan

BiologiSMA Kelas 11 : Sel sebagai Unit Terkecil Kehidupan
 
Pada kesempatan ini kita akan coba membahas materi biologi SMA kelas 11 yaitu Sel sebagai Unit Terkecil Kehidupan. Pembahasan akan difokuskan pada sel  sebagai unit terkecil, kita akan mengenal sel itu sebenarnya apa, bagaimana mengamati sel dan ukuran serta bentuk sel.
 
Sel merupakan unit terkecil makhluk hidup, berarti di dalam sel terdapat bagian-bagian yang berperan dalam melakukan aktivitas hidup sel. Coba pahamilah kalimat tersebut! Unit berarti bagian terkecil dari sesuatu yang dapat berdiri sendiri. Seperti halnya keluarga merupakan unit sosial yang paling kecil dalam kelompok hidup di masyarakat. Keluarga-keluarga akan membentuk desa. Begitu pula sel. Jutaan sel yang berukuran kecil menyusun tubuh makhluk hidup.  Pengetahuan tentang sel telah dimulai sejak abad ke-17 di mana pada waktu itu Robert Hooke (1635-1703) dari Inggris seorang pedagang kaca berhasil membuat sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengamati benda-benda yang sangat kecil. Alat itu kemudian dikenal dengan nama mikroskop. 
 
Dengan mikroskop itu Robert Hooke dapat melihat bagian-bagian dari irisan kulit kayu yang mati dan sangat kecil. Hasil pengamatan itu berupa petak-petak segi empat yang di tengahnya kosong. Benda tersebut disebut sel yang berarti petak atau ruang kecil (Harliyono, 1999 : 21) 
 
Pada tahun 1838 – 1939, dua orang ahli fisiologi Jerman, Theodor Schwann dan Matthias Jakob Schleiden, masing-masing bekerja secara sendiri-sendiri, mengajukan suatu teori sel yang baru dan revolusioner. Mereka menganggap bahwa makhluk hidup, dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks, hampir sepenuhnya tersusun dari sel dan bahwa sel-sel ini memainkan peranan penting dalam semua kegiatan hidup. Kemudian, diketahui tidak hanya tubuh hewan dan tumbuh-tumbuhan yang lebih tinggi yang terdiri dari banyak sel, tetapi juga bahwa tiap-tiap makhluk hidup berasal dari perkembangan satu sel tunggal. 
 
Ukuran dan Bentuk Sel 
 Sel mempunyai ukuran dan bentuk yang bervariasi. Umumnya ukuran sel adalah mikroskopis. Sebagai contoh pada ovum manusia mempunyai diameter 100 mikro, erytrosit 10 mikro, bakteri 1 mikro, dan virus 0,1 mikrodan sel-sel lain berkisar 0,4 mikrosampai 10 mikro. Telur ayam atau telur burung adalah sebuah sel di mana yang disebut sel adalah vitellusnya. Jika diperhatikan ini adalah ukuran sel yang sangat besar, itulah sebabnya, ukuran rata-rata dari sel sangat sukar ditentukan. Sesuai dengan fungsinya maka bentuk sel itu menunjukkan variasi yang bermacam-macam. Pada umumnya bentuk sel pada tumbuhan adalah segi empat memanjang atau segi enam, misalnya sel-sel epidermis, sel-sel parenkim. Di samping itu pada bagian kayu sel-selnya berbentuk serabut (sklerenkim) dan bulat (kolenkim).
Sel-sel kulit bawang yang diperbesar
Sel-sel kulit bawang yang diperbesar
Bentuk sel pada hewan dan manusia juga bermacam-macam, terutama sel-sel jaringan kulit tepi, kita kenal antara lain:
1. Selapis sel bulat pipih disebut sel squamosa simplek.
2. Sel bulat pipih berlapis disebut squamosa komplek.
3. Sel berbentuk kubus disebut kuboid.
4. Sel berbentuk segi empat disebut kolumner.



Kata Kunci :

sel sebagai unit terkecil,Sel sebagai unit terkecil kehidupan dan bioproses pada sel,mengapa sel disebut sebagai unit terkecil makhluk hidup,mengapa sel disebut sebagai unit terkecil kehidupan,Sel sebagai unit terkecil kehidupan,pengertian sel merupakan unit struktural terkecil dari makhluk hidup,sel sebagai unit terkecil makhluk hidup,apa yang dimaksud sel sebagai unit terkecil kehidupan,apa yang dimaksud dengan sel sebagai unit terkecil kehidupan,apa yang dimaksud dengan sel sebagai unit terkecil dari kehidupan

Related Posts to "Sel sebagai Unit Terkecil Kehidupan"

Response on "Sel sebagai Unit Terkecil Kehidupan"

Jasa Like Fanpage Facebook Murah