Friday, 22 August 2014

Cara Mencari Jumlah dan Macam Gamet

Biologi SMP Kelas 9 : Cara Mencari Jumlah dan Macam Gamet

Sebelum kita belajar cara mencari jumlah dan macam gamet ada baiknya kita tengok kembali beberapa definisi atau pengertian dari gamet itu sendiri. Berikut ini penjelasan tentang gamet.

Sel gamet atau gamet adalah sel haploid khusus untuk fertilisasi. Gamet-gamet yang melebur dapat identik dalam bentuk dan ukuran (isogami) ataupun berbeda dalam satu atau kedua sifat tersebut (anisogami). Istilah ‘jantan’ dan ‘betina’ acap kali diterapkan untuk gamet, tetapi hanya berfungsi untuk menunjukkan kelamin asalnya, karena gamet tidak mempunyai kelamin. Bilamana berbeda dalam ukuran, biasanya gamet yang lebih besar disebut makrogamet, dan yang lebih kecil disebut mikrogamet. Kadang-kadang tidak ada pada plasmogami dalam fertilisasi, dalam hal ini nukleus-nukleus yang melebur dapat dianggap sebagai gamet.

Gamet adalah sel sperma atau telur , terutama yang matang dan sudah berfungsi dalam proses pembiakan secara seksual ; sel benih yang terbentuk secara gametogenesis dari sel induk benih yang disebut spermatozoa, dan betina disebut ovum.

Dalam persilangan monohibrid diketahui bahwa gamet yang terbentuk pada P2 ada 2 macam, sementara itu pada persilangan dihibrid yang terbentuk pada P2 ada 4 macam, untuk persilangan trihibrid ada 8 macam, bila persilangan dengan n sifat beda akan diperoleh 2n macam gamet. Untuk menentukan macam gamet yang terbentuk dapat digunakan diagram garpu, misalnya: AaBb, macam gametnya adalah:

 
Cara Mencari Jumlah dan Macam Gamet
 



Kata Kunci :

gamet,cara mencari gamet,Cara menentukan gamet,cara menentukan macam gamet,definisi gamet,gamet adalah

Related Posts to "Cara Mencari Jumlah dan Macam Gamet"

Response on "Cara Mencari Jumlah dan Macam Gamet"

Jasa Like Fanpage Facebook Murah